PEMANFAATAN INTERNET UNTUK PERSONAL BRANDING
PEMANFAATAN INTERNET UNTUK PERSONAL BRANDING
Di era informasi saat ini perkembangan teknologi begitu pesat. Perkembangan teknologi ini mempunyai dampak positif dan negatif. terlepas dari dampaknya perkembangan teknologi mempunyai segudang manfaat. Salah satunya adalah pemafaat blog untuk personal branding.
Apa itu personal branding ?
Personal branding merupakan teknik mempromosikan diri agar kesan yang kita berikan dapat
diingat dengan baik oleh orang lain. Personal Branding merupakan
salah satu kunci dalam menunjang kesuksesan seseorang. Tidak semua orang
mempunyai personal branding yang bagus. Dan kita harus memiliki daya tarik
yang membedakan kita dengan orang lain. keunikan yang dapat membedakan kita
dengan blogger profesional lainnya sangatlah penting untuk dipahami. Dengan
demikian pembaca akan memahami kenapa mereka harus membaca blog kita bukan
blogger lain. Ini merupakan ajang kreativitas untuk mengenalkan diri kita pada
dunia. Secara tidak langsung kita sedang mempromosikan diri kita melalui
tulisan yang kita buat. Kita juga tidak boleh melupakan tampilan blog kita.
Harus dibuat semenarik mungkin agar semakin membuat pengunjung berdatangan ke
blog kita dan pilihan theme, desain, banner iklan,
warna dan lain sebagainya bisa menjadi pemikat pengunjung pertama blog kita
karena seseorang yang berkunjung ke blog kita akan melihat tampilan sebagai
kesan pertama. Dan ketika sudah berhasil blog dapat menghasilkan uang dengan
menjual produk atau promosi untuk membuka blog lainnya. agroteknologi.umy.ac.id
& umy.ac.id
Salah satu
dampak positif dari penggunaan sosial media untuk membangun sebuah personal
branding. Personal branding memiliki arti sebuah cara
memasarkan diri atau imej Anda secara individu. Personal branding seringkali dikaitkan
dengan suksesnya karier seseorang.
Personal branding atau yang biasa
dikenal dengan citra diri merupakan sebuah cara untuk memasarkan diri dan karir
atau image kita kepada orang lain. Setiap orang yang memiliki jati diri yang
unik dapat menciptakan brand-nya tersendiri sesuai dengan hal yang ingin
dituju. Tujuan dari personal branding yaitu menonjolkan identitas atau image
seseorang yang berbeda dari orang lain. Terutama pada jaman yang sudah serba
internet ini, personal branding dapat dilakukan di media sosial, blog, maupun
media massa lainnya.
Sebagai contohnya adalah pemanfaatan
blog sebagai sarana untuk memperkenalkan citra diri seseorang atau pembuat blog
kepada orang yang mengunjungi blog tersebut. Fokusnya terhadap penyampaian
siapa diri kita dan menyebarkannya di dalam blog. Bagaimana cara yang dilakukan
dalam memperkenalkan diri terhadap public juga perlu diperhatikan. Pemanfaatan
blog untuk personal branding ini dapat mengenalkan diri kepada dunia dan ajang
kreativitas diri.
Dengan melakukan sesuatu yang sesuai
dengan keahlian dan bidang yang diminati mungkin saja seorang blogger dapat
sukses dengan melakukan personal branding ini. Jika seseorang berhasil dalam
mengeksistensikan dirinya dengan personal branding mungkin saja seseorang itu
dapat dikenal secara luas. Dari keberhasilan personal branding, blogger dapat
memanfaatkannya sebagai ladang untuk mencari uang dengan cara promosi suatu
barang atau informasi kepada pengunjung blog.
Di samping itu terdapat dampak positif
dan dampak negative dari pemanfaatan blog untuk personal branding ini. Dampak
positifnya yaitu seseorang dapat memiliki banyak teman atau kenalan dengan
mengenalkan diri melalui blog dan dengan personal branding yang sukses dapat
menjadi ajang promosi dan bisnis. Dibalik keuntungan yang didapat pasti
terdapat pula dampak negatifnya. Salah satunya adalah mengundang penjahat
internet melakukan kejahatan pada blog seseorang.
Yang terakhir, sangat penting
bahwa tidak ada cara instan dan cepat dalam melakukan personal branding. Semua
butuh waktu dan proses untuk diri kita dan karya kita dapat diakui oleh
masyarakat luas. Teknologi pun akan bermanfaat jika kita tidak menggunakannya
untuk hal-hal yang negatif.
Dalam
kehidupan sehari hari, pasti kita dekat dengan yang namanya internet. Sebagian
besar informasi di internet terdapat blog,karena blog ini berfungsi sebagai
tempat berbagi informasi dan sebagai tempat diskusi. Blog sebagai Personal
Branding adalah cara atau tempat mengenalkan diri kita atau pembuat blog kepada
orang banyak atau orang yang mengunjungi blog itu. Dapat juga berbagi informasi
atau artikel-artikel melalui blog itu tadi. Tujuan Personal Branding sendiri
adalah untuk menunjukkan identitas melalui blog yang bisa dilihat orang banyak
atau bisa diartikan untuk mempopulerkan diri.
Pemanfaatan blog sebagai Personal Branding bisa
menjadi ajang kreasi dan kreativitas diri atau mengenalkan diri pada dunia.
Jika dalam personal branding seseorang itu bisa berhasil atau bisa dikenal
secara luas mungkin dapat dimanfaatkan sebagai ajang mencari uang dengan cara
menjual barang atau informasi kepada pengunjung blog dan blog juga bisa
dijadikan ajang promosi dengan memanfaatkan keberhasilan personal branding.
Cara Membangun Personal Branding Diri
Sendiri
Poin
pertama yang bisa Anda lakukan untuk membangun personal branding adalah
menjadi pribadi yang jujur. Sebab jujur merupakan hal yang harus dimiliki
setiap orang. Kedua, konsisten yaitu Anda harus memiliki sikap yang tegas
terhadap pilihan yang Anda pilih dan menjalankannya dengan penuh tanggungjawab.
Ketiga,
kritis yaitu jadilah orang yang kritis dengan memahami situasi dan kenali lawan
bicara. Keempat, kreatif, dengan menjadi orang yang kreatif dengan memiliki
percaya diri dengan kemampuan dan potensi yang Anda punya di dalam
diri. Kelima, stay humble, yaitu tetap rendah hati
meskipun banyak orang yang berpikiran negatif mengenai hal ini.
Komentar
Posting Komentar