PEMANFAATAN INTERNET UNTUK PERSONAL BRANDING

 

 

PEMANFAATAN INTERNET UNTUK PERSONAL BRANDING




Di era informasi saat ini perkembangan teknologi begitu pesat. Perkembangan teknologi ini mempunyai dampak positif dan negatif. terlepas dari dampaknya perkembangan teknologi mempunyai segudang manfaat. Salah satunya adalah pemafaat blog untuk personal branding.

Apa itu personal branding ?

Personal branding merupakan teknik mempromosikan diri agar kesan yang kita berikan dapat diingat dengan baik oleh orang lain. Personal Branding merupakan salah satu kunci dalam menunjang kesuksesan seseorang. Tidak semua orang mempunyai personal branding yang bagus. Dan kita harus memiliki daya tarik yang membedakan kita dengan orang lain. keunikan yang dapat membedakan kita dengan blogger profesional lainnya sangatlah penting untuk dipahami. Dengan demikian pembaca akan memahami kenapa mereka harus membaca blog kita bukan blogger lain. Ini merupakan ajang kreativitas untuk mengenalkan diri kita pada dunia. Secara tidak langsung kita sedang mempromosikan diri kita melalui tulisan yang kita buat. Kita juga tidak boleh melupakan tampilan blog kita. Harus dibuat semenarik mungkin agar semakin membuat pengunjung berdatangan ke blog kita dan pilihan theme, desain, banner iklan, warna dan lain sebagainya bisa menjadi pemikat pengunjung pertama blog kita karena seseorang yang berkunjung ke blog kita akan melihat tampilan sebagai kesan pertama. Dan ketika sudah berhasil blog dapat menghasilkan uang dengan menjual produk atau promosi untuk membuka blog lainnya. agroteknologi.umy.ac.id & umy.ac.id

Salah satu dampak positif dari penggunaan sosial media untuk membangun sebuah personal branding. Personal branding memiliki arti sebuah cara memasarkan diri atau imej Anda secara individu. Personal branding seringkali dikaitkan dengan suksesnya karier seseorang.

Personal branding atau yang biasa dikenal dengan citra diri merupakan sebuah cara untuk memasarkan diri dan karir atau image kita kepada orang lain. Setiap orang yang memiliki jati diri yang unik dapat menciptakan brand-nya tersendiri sesuai dengan hal yang ingin dituju. Tujuan dari personal branding yaitu menonjolkan identitas atau image seseorang yang berbeda dari orang lain. Terutama pada jaman yang sudah serba internet ini, personal branding dapat dilakukan di media sosial, blog, maupun media massa lainnya.

Sebagai contohnya adalah pemanfaatan blog sebagai sarana untuk memperkenalkan citra diri seseorang atau pembuat blog kepada orang yang mengunjungi blog tersebut. Fokusnya terhadap penyampaian siapa diri kita dan menyebarkannya di dalam blog. Bagaimana cara yang dilakukan dalam memperkenalkan diri terhadap public juga perlu diperhatikan. Pemanfaatan blog untuk personal branding ini dapat mengenalkan diri kepada dunia dan ajang kreativitas diri.

Dengan melakukan sesuatu yang sesuai dengan keahlian dan bidang yang diminati mungkin saja seorang blogger dapat sukses dengan melakukan personal branding ini. Jika seseorang berhasil dalam mengeksistensikan dirinya dengan personal branding mungkin saja seseorang itu dapat dikenal secara luas. Dari keberhasilan personal branding, blogger dapat memanfaatkannya sebagai ladang untuk mencari uang dengan cara promosi suatu barang atau informasi kepada pengunjung blog.

Di samping itu terdapat dampak positif dan dampak negative dari pemanfaatan blog untuk personal branding ini. Dampak positifnya yaitu seseorang dapat memiliki banyak teman atau kenalan dengan mengenalkan diri melalui blog dan dengan personal branding yang sukses dapat menjadi ajang promosi dan bisnis. Dibalik keuntungan yang didapat pasti terdapat pula dampak negatifnya. Salah satunya adalah mengundang penjahat internet melakukan kejahatan pada blog seseorang.

 Yang terakhir, sangat penting bahwa tidak ada cara instan dan cepat dalam melakukan personal branding. Semua butuh waktu dan proses untuk diri kita dan karya kita dapat diakui oleh masyarakat luas. Teknologi pun akan bermanfaat jika kita tidak menggunakannya untuk hal-hal yang negatif.

Dalam kehidupan sehari hari, pasti kita dekat dengan yang namanya internet. Sebagian besar informasi di internet terdapat blog,karena blog ini berfungsi sebagai tempat berbagi informasi dan sebagai tempat diskusi. Blog sebagai Personal Branding adalah cara atau tempat mengenalkan diri kita atau pembuat blog kepada orang banyak atau orang yang mengunjungi blog itu. Dapat juga berbagi informasi atau artikel-artikel melalui blog itu tadi. Tujuan Personal Branding sendiri adalah untuk menunjukkan identitas melalui blog yang bisa dilihat orang banyak atau bisa diartikan untuk mempopulerkan diri.
Pemanfaatan blog sebagai Personal Branding bisa menjadi ajang kreasi dan kreativitas diri atau mengenalkan diri pada dunia. Jika dalam personal branding seseorang itu bisa berhasil atau bisa dikenal secara luas mungkin dapat dimanfaatkan sebagai ajang mencari uang dengan cara menjual barang atau informasi kepada pengunjung blog dan blog juga bisa dijadikan ajang promosi dengan memanfaatkan keberhasilan personal branding.

Cara Membangun Personal Branding Diri Sendiri

Poin pertama yang bisa Anda lakukan untuk membangun personal branding adalah menjadi pribadi yang jujur. Sebab jujur merupakan hal yang harus dimiliki setiap orang. Kedua, konsisten yaitu Anda harus memiliki sikap yang tegas terhadap pilihan yang Anda pilih dan menjalankannya dengan penuh tanggungjawab.

Ketiga, kritis yaitu jadilah orang yang kritis dengan memahami situasi dan kenali lawan bicara. Keempat, kreatif, dengan menjadi orang yang kreatif dengan memiliki percaya diri dengan kemampuan dan potensi yang Anda punya di dalam diri. Kelima, stay humble, yaitu tetap rendah hati meskipun banyak orang yang berpikiran negatif mengenai hal ini.

 


Komentar